Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2023

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2023, Senin (4/9//2023), di Lapangan Mapolres Jalan Siborongborong - Doloksanggul KM 12.

topmetro.news – Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2023, Senin (4/9//2023), di Lapangan Mapolres Jalan Siborongborong – Doloksanggul KM 12.

Turut hadir Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Pabung Kodim 0210/TU Mayor Ojak Simarmata, memakili Kajari Humbahas Kasi BB Ilmi A Lubis SH MH, Wakapolres Humbahas Kompol Briston Munte Carlo Napitupulu ST SIK, para PJU Polres Humbahas, pimpinan OPD, tokoh agama/masyarakat.

Kapolda Sumut dalam amanat yang dibacakan Kapolres AKBP Hary Ardianto SH SIK MH menyampaikan bahwa Polda Sumut beserta jajarannya menggelar operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi ‘Zebra Toba 2023’ yang dilaksanakan selama 14 hari mulai Senin, 4 Sepember 2023 hingga 17 September 2023. Operasi mengusung tema ‘Kamseltibcarlantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024 di Wilayah Provinsi Sumatera Utara’.

Berdasarkan data, sepanjang tahun 2023 telah terjadi 3.855 kasus pelanggaran lalu lintas yang mengakibatkan kerugian materil maupun korban jiwa. Antara lain meninggal dunia 884 orang, luka berat 1.246 orang, luka ringan, 4.545 orang.

Permasalahan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di Sumatera Utara masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari rendahnya kesadaran terhadap peraturan berlalu lintas dan kepatuhan para pengguna jalan.

Edukatif Persuasif Humanis

Operasi Zebra Toba 2023 merupakan operasi harkamtimas bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis. Dengan dukungan penegakan hukum secara elektronik dan tilang di tempat. Serta teguran yang humanis bagi pelanggar lalu lintas.

Selain itu juga bertujuan sebagai sarana cipta kondisi menjelang pelaksanaan ‘Ops Mantap Brata Toba 2024. Di mana dalam pelaksanaannya, selain memberikan edukasi mengenai tata cara berlalu lintas yang naik kepada masyarakat, sekaligus membentuk karakter masyarakat yang disiplin dan taat pada aturan hukum yang berlaku.

Melaksanakan penegakkan hukum lalulintas terhadap tindak pelanggaran secara elektronik serta teguran dan penindakan tilang di tempat untuk pelanggaran lalulintas yang belum tercakup dalam sistem ETLE dan pelanggaran yang menimbulkan kecelakaan lalu lintas dengan fatalitas tinggi atau pelanggaran lalu lintas berat pada delapan prioritas pelanggaran dengan humanis, yaitu:

  1. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara.
  2. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur.
  3. Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 (satu) orang.
  4. Pengemudi atau pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI. Dan pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor tidak menggunakan safety belt.
  5. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol.
  6. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor melawan arus.
  7. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan.
  8. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor dengan knalpot blong.

“Saya tekankan kepada seluruh personel selama pelaksanaan operasi, senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah. Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada.
Lakukan operasi ini sesuai prosedural. Tidak arogan dengan simpatik dan humanis 3S (sabar, sopan, dan senyum),” pungkasnya.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment